#sharing

#2017 – sharing

Adanya kemampuan forensik digital merupakan kebutuhan mendesak bagi setiap organisasi yang menjadikan teknologi informasi sebagai “tulang punggung” proses bisnis utamanya. Meskipun dunia internet atau cyberspace menjanjikan efisiensi dan peluang ekonomi yang menjanjikan, namun ada resiko cukup besar yang harus diwaspadai, diantisipasi dan di-response dengan tepat. Pada seminar nasional ini dibahas threat landscape di cyberspace, definisi, tujuan dan proses-proses yang dilalui pada kegiatan digital forensic. Sebagai studi kasus dijelaskan memory forensic pada malware zeus. Seminar Nasional ini dilakukan pada Hari Sabtu 11 Maret 2017 di Universitas Gunadharma.

Techno Fair 2017

photo_2017-03-13_10-02-26

Screen Shot 2017-03-13 at 9.45.31 PM

 

#2016 – sharing

Mencari keseimbangan antara kedaulatan data atau “Data Sovereignity” dengan perlindungan data pribadi atau “Data Privacy Protection” merupakan diskursus publik yang semakin relevan untuk dicari formulasi jalan keluarnya. Adanya kebutuhan keamanan nasional (National Security) terhadap akses-akses private untuk penegakan hukum, tentu harus memiliki regulasi dan tata kelola yang baik agar tidak melanggar prinsip-prinsip privacy yang merupakan bagian dari hak asasi manusia. Diskusi publik ini digagas oleh Heartline FM pada hari Selasa, 23 Agustus 2016.

FlyerHeartline Coffee Morning 00Heartline Coffee Morning 03

 

#2014 – sharing

Tata Kelola Keamanan Informasi (IT Security Governance) merupakan hal mendasar yang harus dibenahi dalam Sistem Manajemen Pengamanan Informasi pada infrastruktur kritis (critical infrastructure), dalam hal ini adalah sektor publik. Diskusi dan sharing tentang tema ini diselenggarakan oleh¬†Direktorat Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika pada hari Kamis hingga Jum’at (9 – 10 September 2014).

SDPPI-01

SDPPI-02

SDPPI-03