“Hello World” – Interactive Shell

Bagaimana memulai python?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka langkah pertama adalah memastikan bahwa python sudah terpasang pada komputer anda. Untuk Linux dan MacOS, maka python sudah terpasang sejak lahir. Sedangkan untuk windows, maka harus di download dari python for windows di install. Pada artikel ini akan digunakan sistem operasi linux, tepatnya Kali Linux 2.0 dengan python versi 2.7.9

Bukalah terminal anda, dan ketiklah “python“, maka anda akan memasuki interactive shell yang ditandai dengan “>>>“, perhatikan perubahan pada terminal sebagai berikut:

Screen Shot 2016-02-19 at 11.40.34 AM

Pada interactive shell ini, python akan mengevaluasi statement dan expression yang kita ketik. Misalnya, statement aritmatika “2 + 5”, akan dievaluasi dan ditampilkan python menjadi “7”, demikian juga dengan operasi aritmatika lainnya. Sebagaimana contoh berikut:

Screen Shot 2016-02-19 at 9.55.06 PM

Contoh lainnya,  misalnya statement print  yang diikuti expression “Hello World” yang diapit dengan tanda (“)  akan ditampilkan oleh interactive shell dengan Hello World setelah anda menekan Enter, perhatikan contoh berikut ini:

Screen Shot 2016-02-19 at 11.44.19 AM

Manfaat interactive shell ini adalah,  anda dapat melakukan eksperimen, ekplorasi dan pengujian sebelum dituangkan ke dalam script dengan ekstensi *.py. Dengan demikian akan memudahkan kita untuk mempelajari feature dan mengurangi kesalahan dalam membuat script.

Akhirnya, untuk keluar dari mode interactive shell ini, anda dapat menekan Ctrl+D atau mengetik statement exit().

Advertisements