Kenapa Python?

Untuk memahami keamanan informasi, dibutuhkan eksplorasi, eksperimen, curiosity dan adventure.

Di industri cybersecurity ada pepatah, “security is a journey, not destination”. Mengandalkan tools saja tentu tidak memadai, karena belum tentu dapat membantu untuk memahami dan memecahkan permasalahan yang beragam dan dinamis. Untuk itu, bahasa pemrograman menjadi penting.

Tuntutan kompleksitas sistem dan teknologi yang ada, menyebabkan praktisi harus dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi yang dinamis dan tidak ideal. Ketergantungan terhadap tools menyebabkan seorang praktisi menjadi tidak fleksibel dan tidak mampu beradaptasi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Yang menyebabkan python layak dipelajari memahami cybersecurity atau keamanan informasi adalah kemudahan untuk dipelajari, adanya dukungan modul-modul yang nyaris tak terbatas untuk mempermudah pekerjaan serta kemampuan python untuk berjalan di berbagai jenis sistem operasi (multiple OS support), seperti windows, linux, MacOS, mobile platform hingga embedded system.

Menurut para pakar, belajar dan menggunakan python adalah mudah dan menyenangkan. Apakah betul demikian?, mari kita coba bersama-sama …

Advertisements