Library

Keistimewaan python adalah dukungan library yang luas. Jadi, tidak perlu untuk coding dari awal. Cukup dengan meng-import library yang dibutuhkan ke dalam script kita.

Setelah di-import, maka langkah selanjutnya untuk menggunakan library tersebut hendaknya kita memperhatikan prinsip-prinsip pada object oriented programming (OOP), yaitu: langkah pertama membuat instance object dari library atau module yang di-import, setelah itu langkah kedua baru meng-akses atribut atau methode yang kita butuhkan dengan menggunakan dot operator (.) bersama instance object tersebut.

Misalnya, kita ingin melakukan login secara anonymous ke sebuah ftp server, kemudian mencetak direktory apa saja yang tersedia. Dalam kasus ini, misalnya kita mengidentifikasi bahwa module bernama ftplib memiliki beberapa method yang kita butuhkan.

Untuk melakukan hal ini, maka langkah pertama meng-import module yang kita butuhkan, yaitu ftplib di dalam script kita. Selanjutnya adalalahmembuat instance object dari module ftplib dengan variable tertentu, misalnya ftpClient. Setelah itu adalah meng-akses method yang dibutuhkan dengan dot operator, yaitu sebagai berikut:

  1. Menghubungi ftp server yang menjadi tujuan kita, dengan menggunakan method FTP
  2. Selanjutnya login secara anonymous dengan method login
  3. Akhirnya mencetak file dan directory yang tersedia dengan method retrlines dengan argument LIST

Berikut ini adalah script yang kita buat:

Screen Shot 2016-02-20 at 5.40.17 PM

Sedangkan output dari script kita adalah:

Screen Shot 2016-02-20 at 5.28.12 PM

Advertisements