Variable Conversion

Python memungkinkan adanya perubahan tipe data pada variable. Hal ini dibutuhkan ketika kita misalnya harus melakukan pengolahan data dalam bentuk teks. Misalnya, ketika kita akan melakukan password cracking terhadap /etc/shadow. Baris-baris pada file tersebut pada dasarnya memiliki tipe string, yang memiliki pola tertentu, yaitu adanya karakter “\n” dan karakter “:” sebagai pemisah antar field.

Dengan mengubah tipe data dari string menjadi list, akan memudahkan kita untuk meng-ekstrak login name dan hash password dari file /etc/shadow.

Perubahan tipe data dari string menjadi list, ditunjukkan pada gambar dibawah ini:

Screen Shot 2016-02-25 at 6.39.39 AM

Pada gambar tersebut, terlihat perbedaan tipe data dari variable userBadu dengan line, dimana variable userBadu memiliki tipe string dan variable line memiliki tipe data list. Terlihat juga bahwa variable list memiliki sembilan field sesuai format user account pada file etc/shadow.

Setelah diubah ke dalam bentuk list, maka kita dapat melakukan variable assignment kepada variable user dan variable cryptPass sebagaimana gambar berikut dibawah ini:

Screen Shot 2016-02-25 at 6.45.09 AM

Conversion variable ini tidak hanya dari string ke list, bisa juga dari integer ke string dan berbagai kemungkinan lainnya. Tergantung kebutuhan kita ketika melakukan pengolahan data.

User Account Extraction from /etc/shadow

Advertisements