0x4 “End User Click” Threat

Screen Shot 2016-03-16 at 7.59.58 AM

References: The Human Factor – The Weakest Link in Data Protection

Berdasarkan pembahasan pada beberapa artikel sebelumnya, kita dapat menyimpulkan bahwa faktor manusia sangat dominan yang menyebabkan Operation Aurora terjadi. “End User Click” menjadi tantangan yang tidak ringan bagi setiap organisasi saat ini. Menurut Trendmicro, kontribusi “careless click” terhadap terjadinya insiden keamanan informasi mencapai 31 persen sebagaimana gambar berikut ini:

31persenenduserclick

References: End User Click berkontribusi mencapai 31% Security Incident

Fakta ini sejalan dengan laporan dari Europian Union Agency for Network and Information Security (UNISA) terkait dengan ENISA Threat Landscape 2015, yang menyebutkan menguatnya penggunaan Malicious Link menggantikan Malicious Email Attachment untuk melakukan distribusi serangan. Dengan demikian penggunaan Social Engineering yang dilakukan menggunakan Malicious Software (Malware)  merupakan trend yang harus diwaspadai ke depan.

Pada laporan itu juga disebutkan pada tahun 2015 lalu, malware tetap merupakan Top Threat yang harus diwaspadai. Atau “juara bertahan” yang belum terkalahkan.

Adapun artikel-artikel yang mendukung kesimpulan dan lesson learned pada artikel ini dapat dilihat pada link-link sebagai berikut pada blog ini, yaitu:

<01> 0x0 Operation Aurora – Attacking Intellectual Property

<02> 0x1 Client Side Attack

<03> 0x2 More Flexibility in Metasploit

<04> 0x3 Malicious Server

Advertisements